Rabu, 15 Desember 2010

Kelebihan dan kelemahan EAM, GAS, ACL

Kelebihan EAM(Embedded Audit module) :
1. Dalam pemberitahuan waktu nyata, transaksi terpilih atau akses yang terdeteksi diperagakan pada sebuah terminal auditor pada saat ditangkap oleh modul audit.
2. Dalam “pelabelan” modul audit melabeli transaksi dengan petunjuk khusus, sehingga data mengenai pemprosesan bisa dikumpulkan.
3. Dalam “snapshotting” moodul audit menangkap isi bidang penyimpanan primer pada titik-titik terpilih dalam pemrosesan transaksi terpilih oleh program aplikasi yang bersangkutan. Snapshot membantu auditor menemukan kesalahan dalam logika program.
4. Dalam penelusuran, suatu kegunaan sistem perangkat lunak menangkap jejak yang lengkap dari perintah yang dilaksanakan selama pemrosesan transaksi terpilih. Penelusuran juga membantu auditor menemukan kesalahan pemrograman dan memahami fungsi program aplikasi secara terinci.

Kelemahan EAM(Embedded Audit module) :
1. Waktu tambahan diperlukan untuk memproses transaksi, karena semua instruksi program dalam modul harus dilaksanakan untuk setiap transaksi.
2. Perancangan dan implementasi modul bisa mahal, khususnya jika modul tersebut ditambahkan setelah program aplikasi sudah ada.
3. Waktu tambahan diperlukan untuk memproses transaksi, karena semua instruksi program dalam modul harus dilaksanakan untuk setiap transaksi.
4. Kriteria pemilihan transaksi untuk tinjauan audit harus ditetapkan secara seksama oleh auditor.

Kelebihan GAS (Generalized Audit Software) :
1. Mudah digunakan ( user friendly ).
2. Menghemat waktu , lebih singkat dibandingkan dengan manual.
3. Dapat mengakses berbagai file, sehingga lebih murah lebih cepat dalam melaksanakan pekerjaan.
4. Meningkatkan keandalan beberapa aspek pemeriksaan, misal : penjumlahan, jumlah sampel dsb.
5. Memudahkan auditor mengakses data dan informasi yang dihasilkan dari berbagai sistem yang disimpan dalam bentuk yang hanya dapat dibaca oleh komputer.
6. Mempermudah auditor menangani data yang berjumlah banyak secara efektif.
7. Meningkatkan efisiensi dalam melaksanakan pengujian substantif terhadap file-file komputer.
8. Meningkatkan independensi auditor dalam pemeriksaan SI serta mengurangi ketergantungan auditor terhadap bantuan personil SI organisasi yang diperiksannya.
9. Menghasilkan pemeriksaan yang ekonomis tetapi dengan mutu yang tinggi.
10. Mencari dan membuka ( retrive), yaitu dengan hanya memilih record-record dalam file yang sesuai dengan kriteria tertentu yang telah ditetapkannya.
11. Menghitung , yaitu perhitungan matematis , dan operasi logik.


Kelemahan GAS (Generalized Audit Software) :
1. Tidak dapat digunakan untuk seluruh perangkat keras.
2. Sangat mahal, karena organisasi yang diperiksa sifatnya unik.

Kelebihan ACL(Audit Command Language) :
1. Bagi auditor , penggunaan ACL akan membantu mereka dalam melaksanakan tugas audit secara lebih terfokus, cepat, efisien, efektif, dan murah dengan lingkup yang lebih luas dan analisis mendalam. Indikasi penyimpangan dapat dilakukan dengan cepat, akurat, dan dengan beraneka ragam analisis menggunakan ACL sehingga auditor dapat menemukan lebih banyak penyimpangandan memiliki lebih banyak waktu untuk melakukan pembuktian.
2. Untuk manajemen, termasuk profesi akunting dan keuangan, ACL dapat membantu mereka dalam menganalisis data dan informasi perusahaan, pengujian pengendalian yang telah ada, dan pembuatan laporan manajemen secara cepat dan fleksibel.
3. Untuk Sumber Daya Manusia/Pemeriksa, IT dan lainya: Dapat melakukan sistem pelaporan yang sesuai dengan keinginan atau laporan yang diinginkan (Independensi) dan dengan Akurasi dan Kwalitas Data yang sangat bagus. Sehingga data pelaporan dapat dipercaya. Proses pembuatan Rekapitulasi dengan sangat cepat. Pencarian Duplikasi Data seperti Identitas Kewarganegaraan (1 Orang memiliki lebih dari 1 Identitas).
4. Untuk membantu akuntan dalam melakukan pemeriksaan di lingkungan sistem informasi berbasis komputer atau pemrosesan data elektronik.
5. Untuk menemukan berbagai penyelewengan atau pola dalam transaksi yang dapat mengindikasikan adanya kelemahan pengendalian atau kecurangan. Seperti kecurangan dalam laporan keuangan (dilakukan oleh pihak manajemen), korupsi, dan penyalahgunaan aset (dilakukan oleh karyawan).
6. memungkinkan para penggunanya untuk menggabungkan data dari sistem yang berbeda untuk konversi, rekonsiliasi, dan kontrol sehingga dapat menjadi bagian dari sistem yang terintegrasi.
7. ACL dapat membaca langsung baik jenis EBCDIC atau ASCII, sehingga tidak perlu untuk menngkonversi kedalam bentuk lain.

Kelemahan ACL(Audit Command Language) :
1. ACL adalah aplikasi yang hanya 'read-only', ACL tidak pernah mengubah data sumber asli sehingga aman untuk menganalisis jenis live-data.
2. Untuk dapat mendeteksi berbagai kecurangan itu, auditor harus mempunyai pemahaman yang baik atas pengendalian internal yang diterapkan oleh perusahaan beserta kelemahan-kelemahannya. Dengan demikian, auditor dapat mengembangkan profil kecurangan untuk mengidentifikasi berbagai karakteristik data yang diperkirakan memiliki skema kecurangan jenis tertentu. Misalnya kecurangan dalam penggajian, pembayaran ke pemasok fiktif, dan gali lubang tutup lubang dalam piutang usaha (lapping)..

http://400education.com/?page_id=509
http://docs.google.com/viewer?a=v&q=cache:uUzCRzjDJjkJ:eprints.undip.ac.id/
http://theakuntan.com/teknologi/teknik-audit-berbantuan-komputer-tabk/
http://docs.google.com/viewer?a=v&q=cache:K36HuNEQzj0J:si.itmaranatha.org/attachments/245_Pertemuan%2520

Tidak ada komentar:

Posting Komentar